• MA AL AZHAR SALE
  • Belajar | Ngaji | Berkarya

Profil

PROFIL MADRASAH

 

PROFIL 

MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR SALE 

 

A. PROFIL MADRASAH 

    Madrasah Aliyah Al Azhar merupakan satu-satunya lembaga pendidikan bernafaskan Islam di wilayah Sale yang berdiri sejak tahun 2007. Madrasah ini terletak bertempat di Desa Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Jalan Blora No. 5 Kec. Sale Kab. Rembang KP.59265; serta, memiliki Ijin Operasional dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sesuai Surat Keputusan atau Piagam  Nomor Kw.11.4/4/PP.03.2/6163/2008 dan diberikan  Nomor Statistik Madrasah 131233170013 dan NPSN 20363198.

    Madrasah Aliyah Al Azhar didirikan atas prakarsa para tokoh pendidikan dan pemuka agama yang  ada di wilayah Kecamatan Sale. Sebagai Madrasah Aliyah Swasta dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Azhar, Madrasah Aliyah Al-Azhar berkomitmen untuk mewujudkan peserta didik islami yang berakhlakul karimah, dan unggul dalam IPTEK ataupun IMTAQ. Selain itu, MAHARSA juga berusaha untuk membekali peserta didik dengan berbagai kecakapan atau keterampilan hidup agar peserta didik mampu bereksistensi dalam kehidupan masyarakat yang madani dewasa ini.

    Madrasah Aliyah Al Azhar Sale berusaha membudayakan kegiatan religi, yaitu dengan adanya pelaksanaan Do'a sebelum dan sesudah Belajar disertai dengan membaca Asma'ul Husna, Sholat Dhuha, Shalat dhuhur berjamaah,  serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya yang dinamis. Selain itu, untuk memperdalam pengetahuan agama peserta didik, madrasah ini juga menyertakan pembelajaran-pembelajaran Islami lainnya,  yaitu Membaca Kitab (Qiroatul Kutub), Yasin dan Tahlil, dan Hafalan Surah-surah Al-Qur’an.

    Tidak hanya membekali kepekaan dan keterampilan spitual kepada peserta didik, Madrasah Aliyah Al Azhar Sale juga melaksanakan beberapa program kegiatan yang dapat menjadi wadah bagi pengembangan karakter, melatih bakat dan minat, serta mengolah keterampilan peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler madrasah, yaitu Pramuka, TIK, Marching Band, English and Arabic Club, dan Retorika. Akhirnya, Madrasah Aliyah Al Azhar Sale senantiasa berusaha merealisasikan tujuan nasional pendidikan yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

    Akhirnya, Madrasah Aliyah Al-Azhar Sale dalam mengemban dan merealisaikan tujuan institusional ataupun nasional pendidikan berpedoman pada empat pilar utama pendidikan yaitu (1) learning to know (belajar untuk mengetahui), (2) learning to do (belajar untuk terampil melakukan sesuatu), (3) learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan (4) learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama). Selain itu, dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang luhur, madrasah ini senantiasa memegang teguh semboyan tokoh pendidikan nasional Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara; yang mana beliau menyuarakan:

 

  1. Ing ngarso sung tulodo, artinya adalah di depan memberi teladan atau contoh;
  2. Ing madyo mbangun karso, artinya adalah di tengah memberikan motivasi/semangat, dan;
  3. Tut wuri handayani, artinya adalah di belakang memberikan dorongan.

 

 

B. IDENTITAS MADRASAH

   Berikut ini data identitas Madrasah Aliyah Al-Azhar Sale, yaitu: 

Nama Madrasah : MA. Al-Azhar Sale 

Alamat : Jln. Blora No. 5 Ds. Sale Kec. Sale Kab. Rembang KP. 59265 

NSM : 131233170013

NPSN : 20363198

E-mail : alazarsale72@gmail.com 

Website : https://maharsakita.my.id

Facebook : maharsa

Youtube : maharsakita

Twitter : maharsa5

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
TATA TERTIB MADRASAH

Pasal 1 : Tata Tertib Siswa Sepuluh menit sebelum jam pertama siswa sudah hadir di madrasah Keterlambatan hadir kurang dari 5 menit diperbolehkan masuk kelas / mengikuti pelajaran seiz

13/11/2021 07:23 - Oleh Humas Maharsa - Dilihat 39 kali
Visi dan Misi

A. VISI MADRASAH           Visi Madrasah Aliyah Al Azhar Sale yaitu “Terwujudnya Insan Yang Islami Berdasarkan Iman dan Taqwa, Unggul dalam Ilmu Peng

27/02/2021 19:51 - Oleh Humas Maharsa - Dilihat 90 kali